04 Juli 2008

Jakarta Raya

Setidaknya… jalan raya Jakarta sudah resmi menjadi salah satu anjungan. Berisi aspal, tiang listrik, kaki lima, jembatan layang, terowongan bawah tanah, rel kereta, payung halte, dan kereta dorong bayi.


Tentang siapa yang menumpang angkot, siapa yang menunggang sepeda motor, siapa yang menahkodai mobil pribadi, dan termasuk siapa yang dengan gagah memutuskan untuk mengendarai sepeda roda dua non motorik tanpa bahan bakar minyak.


Tentang luas Jakarta yang luas sekaligus sempit, tentang jalan protokol utama dan ratusan jalan tikus alternatif yang meliuk-liuk, tentang kemacetan sebagai hambatan, dan tentang kesal serta kangen yang muncul karenanya.


Tentang lubang-lubang besar kecil tak terhitung yang memuncaki penyelewengan, tentang asap mengepul yang mengabut, tentang panas terik yang berdebu, tentang hujan deras yang meruntuhkan mahluk Tuhan berbadan coklat dan bertangan hijau, tentang celaka tabrak, senggol serempet dan hancur terlindas.


Tentang semut yang mengerubungi gula tak peduli sikut menyikut. Tentang berangkat ke satu arah beramai-ramai pada pagi hari, untuk secara seragam pulang ke arah sebaliknya.


Kapokkah kita melewatinya? Jadi takutkah kita menjalaninya? Mungkin… tapi ini sebuah anjungan dengan satu bentuk. Pindah anjungan hanya ganti bentuk, karakter tetap sama.


Selamat datang di Taman Mini Hidup Indah. Selamat Ulang Tahun
Jakarta !

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Tentang mereka yang seenaknya mindahin gue (makhluk tuhan berhati insyaallah mulia.)

Tentang mereka pimpinan2 disana yang duduk dengan nyamannya hingga perut besar mereka menutupi selangkangan mereka yang tak lagi berguna.

Tentang konsep sdm paling anyar, canggih dan modern yang berarti memindahkan seorang anak ratusan kilometer lagi lebih jauh setelah sebelumnya sudah terpaut jauh dari keluarganya..

Hanya ada dua pilihan...
Didalam atau diluar....
Kalo mo bebas silahkan diluar saja, tapi kalo mau didalam ikuti saja ketiadagunaan mereka dan aturan mereka si Perut besar berselangkangan tak berguna...